7 Hal Penting Tentang Diabetes Yang Harus Kita Ketahui

- 12/21/2016 10:34:00 AM

7 Hal Penting Tentang Diabetes Yang Harus Kita Ketahui

 

TIPSCANTIKMU.com – Mengerti serta memahami beragam berita perihal diabetes adalah bagian yng penting bagi sobat yng terdiagnosis diabetes. Lantaran hal yang telah di sebutkan Amat membantu sobat, bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa menjadi pasien yng pintar serta cerdas dan tetap bisa hidup yang dengannya sehat. Nah, berikut kami sajikan 7 hal penting yng bisa meluaskan wawasan sobat sekalian perihal diabetes.

1. Pemeriksaan gula darah

Andaikan sobat sekalian telah meminum obat secara rutin sesuai yang dengannya resep yng diberikan oleh dokter, maka sobat tak Perlu terlampau Suka memeriksa gula darahnya, cukup seminggu sekali. Akan tetapi, andai sobat menjalankan terapi insulin, sobat Perlu lebih rutin memeriksanya agar bisa terkontrol perubahan gula darahnya.

2. Waktu paling baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk memeriksa gula darah

Waktu yng paling baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk memeriksa gula darah merupakan sebelum makan serta tidak lebih lebih dua jam selepas makan. Yang dengannya mempergunakan kedua waktu yang telah di sebutkan, sobat bisa mengetahui kadar gula darah sebelum makan serta efek dari beragam jenis makanan, kuantitas makanan yng dikonsumsi, dampak dari obat-obatan dan pengaruh olahraga bagi gula darah sobat. Nah idealnya, kenaikan gula darah sobat tak lebih dari 40 mg/dl antara dua waktu yang telah di sebutkan.

3. Target gula darah

Target gula darah yng butuh dipenuhi bergantung pada situasi serta kondisi setiap orang. Akan tetapi berikut ada beberapa target yng biasanya Perlu tercapai serta bisa dijadikan menjdai patokan bagi kebanykan pasien diabetes. Di antaranya yakni :

  • Glukosa darah sebelum makan sekitar 110-120 mg/dl
  • Glukosa darah sesudah makan sekitar 160-180 mg/dl
  • Hemoglobin glikosilasi (glycosilated hemoglobin) (HbA1c) sekitar 6,5-7 %

4. Tes HbA1c

Tes Hemoglobin A1c ataupun bisa pun disebut menjdai tes hemoglobin glikosilasi adalah tes darah yng bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghitung kadar glukosa darah rata-rata dalam 6-8 minggu yang terakhir. Tes yang telah di sebutkan menghitung banyaknya glukosa yng melekat pada molekul protein pembawa oksigen pada sel darah merah yng biasa disebut menjdai hemoglobin. Lantaran bisa memberikan keterangan secara global bagi atau bisa juga dikatakan untuk jangka panjang, tes HbA1c ini bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengecek perkembangan diabetes sebelum serta sesudah pengobatan dan perubahan gaya hidup.

Andai hasil tes mendekati 7% ataupun tidak lebih, maka menunjukan bahwasanya kadar gula darah harian berada di kisaran normal 75-130 mg/dl. Andai HbA1c naik hingga lebih dari 1% maka bisa menaikan risiko komplikasi dalam jangka yng panjang, semisal penyakit kerusakan ginjal, gangguan pada penglihatan, dan juga lain-lainya sampai-sampai 30%.

5. Tanda ataupun gejala gula darah terlalu rendah

Tanda dari gula darah yng terlampau rendah yakni yang dengannya munculnya rasa lapar, tremor (gemetaran), keringat berlebihan serta tubuh terasa lemas. Namun setiap orang memiliki gejala yng berbeda-beda. Bagi seseorang yng kerap kali mengalami hipoglokemia ataupun rendahya gula darah, mampu jadi orang yang telah di sebutkan tak akan merasakan gejala yng terlaksana lantaran tubuhnya telah terbiasa. Akan tetapi, mampu saja dia akan pingsan seketika ataupun mengalami konvulsi.

Andai sobat curiga kalau gula darahnya sedang terlalu rendah ataupun hipoglikemia, maka sobat Perlu segera memakan makanan ataupun meminum minuman yng manis-manis, semisal madu, permen, serta sebagainya. Umumnya gejela yang telah di sebutkan akan berkurang sesudah sobat mengkonsumsi gula. Lantas, sobat Perlu menyusulnya yang dengannya makan.

Hipoglikemia ini bisa terlaksana lantaran keterlambatan makan ataupun akibat dari pengobatan diabetes yng berlebihan ataupun efeknya lebih dari umumnya. Andaikan hipoglikemia yang telah di sebutkan bukan penyebabnya yaitu oleh keterlambatan makan, sobat Perlu segera berkonsultasi ke dokter.

6. Tanda ataupun gejala gula darah terlalu tinggi

Hiperglikemia ataupun gula darah yng terlalu tinggi ini bisa di tandai oleh adanya rasa lelah, lemas, kerap kali Buang air kecil, haus, serta rasa lapar. Namun, hiperglikemia ini acap kali datang tanpa adanya gejala ataupun tanda-tanda. Serta bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendeteksi keadaan terbaru dari gula darah cuma bisa dicek yang dengannya cara melakukan tes gula darah.

7. Bahayakah buah manis bagi penderita diabetes?

Gula ganda yng terkandung dalam buah-buahan disebut pun disakarida, yng sebagian adalah glukosa serta yng lain-lainnya adalah fruktosa. Namun, seluruh gula yang telah di sebutkan bisa diubah menjadi glukosa bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjadi energi dalam tubuh. Bahkan buah-buahan yng tak diolah lah yng seharusnya menjadi bagian dari menu diet sobat sehari-hari, karena buah-buahan yang telah di sebutkan memiliki kandungan tidak sedikit vitamin, mineral serta serat. Para penderita siaebetes diperbolehkan mengonsumsi buah-buahan namun jangan berlebihan. Adapun porsi yng disarankan yakni tidak lebih lebih 2 cangkir per hari.

Tags: diabetes, gula darah, insulin, kebugaran atau kesehatan, penting, terapi

Sumber Tulisan atau artikel serta Gambar : www.tipscantikmu.com

Seputar 7 Hal Penting Tentang Diabetes Yang Harus Kita Ketahui

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 7 Hal Penting Tentang Diabetes Yang Harus Kita Ketahui